Sinar Matahari Baik untuk Kesehatan






Ada banyak manfaat dari sinar matahari selain menyediakan cahaya dan menghangatkan bumi. Ada banyak pula alasan mengapa sinar matahari sangat baik untuk kesehatan. Sumber utama dari vitamin D adalah sinar matahari.


Dilansir Boldsky, kekurangan vitamin D akan menyebabkan penyakit tulang pada anak-anak dan penyakit kronis lainnya bagi orang dewasa. Manfaat kesehatan dari sinar matahari juga tak hanya sebatas vitamin D saja. Namun jika tersorot sinar matahari terlalu sering juga sebenarnya berbahaya.
Matahari pagi merupakan yang terbaik karena panasnya tak terlalu menyengat dan tak terkontaminasi polusi. Sedangkan sinar matahari saat siang hari bisa berbahaya karena bisa terekspos ultraviolet. Dikutip dari Boldsky, ini dia beberapa manfaat baik sinar matahari untuk kesehatan:

1. Tidur nyenyak Waktu dan jumlah jam tidur tentu sangat penting. Melatonin adalah hormon yang membantu kita tidur di malam hari. Tubuhmu akan berhenti memproduksi melatonin siang hari dan akan menghasilkan lagi di malam hari tergantung pada seberapa besar sinar matahari yang kita dapatkan. Ini adalah salah satu alasan mengapa sinar matahari yang baik untuk kesehatan.

2. Berat badan turun Salah satu manfaat kesehatan dari sinar matahari adalah bahwa ketika kamu mendapatkan sinar matahari pagi,  maka ini akan membantu untuk mengurangi berat badan. Hal ini juga dapat dihubungkan dengan fakta bahwa jika kamu mendapatkan cukup tidur, kamu akan dapat mengelola berat badan dengan baik.

3. Tulang sehat Salah satu manfaat kesehatan dari sinar matahari adalah membantu dalam produksi vitamin D. Vitamin ini membantu tubuh untuk menyerap kalsium yang digunakan untuk tulang yang lebih sehat. Vitamin D juga ditemukan dalam ikan seperti salmon dan produk susu. Tapi, vitamin D sangat mudah diproduksi ketika sinar matahari menyentuh kulit.

4.  Perlindungan dari penyakit Studi terbaru menunjukkan bahwa vitamin D yang rendah dalam tubuh menempatkan resiko yang lebih besar terhadap penyakit ,seperti jantung dan kanker. Mereka juga menemukan bahwa vitamin D yang alami dari matahari akan memiliki nilai yang lebih baik daripada suplemen Vitamin D. Ini adalah salah satu alasan mengapa sinar matahari yang baik untuk kesehatan.

5. Terhindar dari penyakit auto-imun Salah satu manfaat kesehatan utama dari sinar matahari adalah perlindungan dari terjadinya penyakit auto-imun. Sinar UV dari sinar matahari akan membantu menghindari hiperaktivitas sistem kekebalan tubuh, yang merupakan cara terbaik untuk mencegah timbulnya penyakit autoimun seperti psoriasis.


semoga bermanfaat :D

sumber
https://id.she.yahoo.com/inilah-5-alasan-mengapa-sinar-matahari-baik-untuk-061100047.html

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar